Cara Setting Permalink WordPress Dengan Mudah

Cara Setting Permalink WordPress Dengan Mudah

Apakah Anda ingin mengoptimalkan tautan URL di situs WordPress Anda? Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengatur permalink dengan benar. Permalink adalah tautan permanen yang digunakan untuk mengakses halaman atau postingan di situs WordPress. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian permalink dan pentingnya dalam WordPress, serta langkah-langkah untuk mengatur permalinks dengan mudah.

Permalink adalah URL yang mengarah ke halaman atau postingan spesifik di situs WordPress Anda. Dalam pengaturan default WordPress, permalink akan terlihat seperti ini: https://namadomain.com/?p=123. Namun, tautan seperti itu tidak informatif dan sulit diingat oleh pengguna.

Pentingnya permalink yang baik dalam WordPress tidak dapat diabaikan. Permalink yang baik dapat:

  1. Meningkatkan pengalaman pengguna: Permalink yang deskriptif dan mudah dibaca akan membantu pengguna memahami konten yang akan mereka akses sebelum mereka mengklik tautannya. Hal ini meningkatkan kepuasan pengguna dan kemungkinan pengguna akan kembali ke situs Anda.
  2. Meningkatkan SEO: Permalink yang mengandung kata kunci yang relevan dengan konten di halaman atau postingan Anda akan membantu mesin pencari memahami konten Anda dengan lebih baik. Ini akan meningkatkan peluang halaman Anda muncul di hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.
  3. Meningkatkan keamanan: Permalink yang unik dan tidak dapat ditebak akan membantu melindungi situs Anda dari serangan brute force atau serangan lainnya.

Untuk mengatur permalinks di situs WordPress Anda, Anda perlu mengakses pengaturan permalink di dashboard WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih menu “Settings” di sidebar.
  3. Pilih submenu “Permalinks”.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan permalink di mana Anda dapat mengubah struktur permalink.

Sekarang kita akan membahas cara memilih struktur permalink yang tepat untuk situs WordPress Anda. Ada beberapa pilihan struktur permalink yang dapat Anda pilih, termasuk:

  1. Plain: Pilihan ini menghasilkan permalink yang terdiri dari angka dan tidak informatif. Pilihan ini tidak disarankan karena tidak ramah pengguna dan tidak baik untuk SEO.
  2. Day and name: Pilihan ini menghasilkan permalink yang berisi tanggal dan judul postingan. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki banyak postingan berita atau blog harian.
  3. Month and name: Pilihan ini mirip dengan yang sebelumnya, tetapi hanya mencantumkan bulan dan nama postingan. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki postingan berkala yang ingin diberi tanggal.
  4. Numeric: Pilihan ini menghasilkan permalink yang hanya berisi angka. Tidak direkomendasikan karena tidak intuitif bagi pengguna.
  5. Post name: Pilihan ini menghasilkan permalink yang hanya berisi judul postingan. Ini adalah pilihan yang paling populer dan direkomendasikan untuk kebanyakan situs web.

Pilihlah struktur permalink yang paling sesuai dengan jenis situs web Anda dan konten yang Anda sajikan. Jika Anda masih ragu, Anda dapat mencoba beberapa pilihan dan melihat bagaimana itu mempengaruhi tampilan URL dan klik pengguna.

Setelah Anda memilih struktur permalink yang tepat, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengoptimalkan permalink untuk SEO dan pengalaman pengguna yang lebih baik:

  1. Buat permalink yang deskriptif: Pastikan permalink Anda mencerminkan konten halaman atau postingan Anda. Gunakan kata kunci yang relevan untuk membantu mesin pencari memahami konten Anda dan pengguna memahami konten yang akan mereka akses.
  2. Singkatkan permalink: Buatlah permalink sependek mungkin tanpa mengorbankan deskripsi. URL yang pendek dan mudah dibaca lebih baik untuk pengguna dan mesin pencari.
  3. Hindari penggunaan karakter khusus: Hindari menggunakan karakter khusus seperti tanda tanya, tanda seru, dan tanda ampersand dalam permalink Anda. Karakter ini dapat mengganggu mesin pencari dan membuat URL sulit dibaca.
  4. Gunakan tautan permanen yang bersih: Jika mungkin, hindari menggunakan angka, tanggal, atau karakter lain yang tidak relevan dalam permalink Anda. URL yang bersih dan informatif lebih baik untuk SEO dan pengalaman pengguna.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan permalink Anda untuk mencapai tujuan SEO dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Di WordPress, Anda juga dapat menyesuaikan permalink untuk halaman dan postingan spesifik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke editor halaman atau postingan yang ingin Anda ubah permalinknya.
  2. Pada kotak editor, temukan bagian yang berjudul “Permalink” atau “URL Slug”.
  3. Klik pada bagian tersebut untuk mengubah permalink.
  4. Ketik permalink yang baru sesuai keinginan Anda.
  5. Jika Anda sudah puas dengan perubahan, klik tombol “Update” atau “Publish” untuk menyimpan perubahan tersebut.

Dengan fitur ini, Anda dapat menyesuaikan permalink untuk halaman atau postingan tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini membantu Anda mengoptimalkan URL untuk konten yang spesifik dan memberikan fleksibilitas dalam pengaturan permalink Anda.

Saat Anda mengubah struktur permalink atau menyesuaikan permalink untuk halaman dan postingan spesifik, penting untuk menerapkan perubahan tersebut dengan aman dan tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Cadangkan situs web Anda: Sebelum membuat perubahan apa pun, selalu disarankan untuk mencadangkan situs web Anda. Ini melindungi Anda dari kehilangan data jika terjadi kesalahan selama proses perubahan.
  2. Uji perubahan di lingkungan pengembangan: Jika Anda memiliki situs pengembangan atau pengujian, lakukan perubahan di sana terlebih dahulu. Ini memungkinkan Anda untuk menguji perubahan dan memastikan semuanya berjalan dengan baik sebelum mengaplikasikannya ke situs web yang sebenarnya.
  3. Gunakan plugin pengalihan: Jika Anda telah memiliki halaman atau postingan yang sudah terindeks oleh mesin pencari atau di-bookmark oleh pengguna, pastikan Anda menggunakan plugin pengalihan untuk mengalihkan tautan lama ke yang baru. Ini membantu menghindari adanya tautan yang rusak dan mempertahankan peringkat SEO Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menerapkan perubahan permalink dengan aman dan memastikan situs web Anda tetap berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Setting permalink dengan benar adalah langkah penting untuk mengoptimalkan situs WordPress Anda. Permalink yang baik tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga membantu SEO dan keamanan situs Anda. Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian permalink dan pentingnya dalam WordPress, serta langkah-langkah untuk mengatur permalinks dengan mudah. Jangan lupa untuk memilih struktur permalink yang tepat, mengoptimalkan permalinks untuk SEO dan pengalaman pengguna, menyesuaikan permalinks untuk halaman dan postingan spesifik, dan menerapkan perubahan dengan aman dan tepat. Dengan melakukan semua ini, Anda akan dapat meningkatkan visibilitas situs Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna Anda.

Tinggalkan komentar