Cara Menghapus WordPress di Cpanel

Cara Menghapus WordPress di Cpanel

WordPress adalah platform website yang populer dan digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Namun, terkadang ada situasi di mana pengguna perlu menghapus WordPress dari Cpanel mereka. Mungkin karena ingin beralih ke platform lain atau karena alasan lain. Bagaimanapun, menghapus WordPress secara benar adalah langkah yang penting untuk memastikan tidak ada sisa-sisa yang dapat menyebabkan masalah atau keamanan di kemudian hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghapus WordPress di Cpanel, langkah-langkah yang harus diikuti selama proses penghapusan, cara mengamankan data dan file sebelum penghapusan, memastikan tidak ada plugin atau tema yang terhubung dengan WordPress, menghapus database yang terkait dengan WordPress di Cpanel, dan terakhir, verifikasi dan konfirmasi penghapusan WordPress di Cpanel.

Persiapan Sebelum Menghapus WordPress di Cpanel

Sebelum memulai proses penghapusan WordPress di Cpanel, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan Anda memiliki backup lengkap dari semua file dan database WordPress Anda. Backup ini sangat penting jika Anda ingin memulihkan situs web Anda di masa depan atau jika terjadi kesalahan selama proses penghapusan.

Selanjutnya, pastikan Anda memiliki akses ke Cpanel Anda dan telah menyiapkan semua informasi login yang diperlukan. Ini termasuk nama pengguna dan kata sandi untuk Cpanel, serta informasi login untuk database yang digunakan oleh WordPress.

Terakhir, matikan semua plugin dan tema yang terhubung dengan WordPress Anda. Meskipun plugin dan tema akan dihapus selama proses penghapusan, lebih baik untuk mematikannya terlebih dahulu untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi.

Langkah-langkah Menghapus WordPress di Cpanel

Setelah Anda melakukan persiapan yang diperlukan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus WordPress di Cpanel:

  1. Masuk ke Cpanel Anda dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai.
  2. Cari dan buka aplikasi “File Manager”.
  3. Pilih direktori root dari situs web WordPress yang ingin Anda hapus.
  4. Klik kanan pada direktori tersebut dan pilih opsi “Delete” untuk menghapusnya.
  5. Konfirmasikan penghapusan dan tunggu hingga proses selesai.
  6. Setelah direktori root dihapus, kembali ke Cpanel dan cari aplikasi “phpMyAdmin”.
  7. Buka aplikasi tersebut dan pilih database yang digunakan oleh situs web WordPress yang ingin Anda hapus.
  8. Klik pada tab “Operations” dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Drop the database”.
  9. Klik pada opsi “Drop the database” untuk menghapus database tersebut.
  10. Konfirmasikan penghapusan dan tunggu hingga proses selesai.

Mengamankan Data dan File Sebelum Menghapus WordPress di Cpanel

Sebelum menghapus WordPress di Cpanel, sangat penting untuk mengamankan semua data dan file yang terkait dengan situs web Anda. Ini bertujuan agar Anda memiliki cadangan yang dapat digunakan untuk memulihkan situs web jika diperlukan di masa depan.

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan data dan file adalah dengan membuat backup lengkap dari situs web WordPress Anda. Ini termasuk semua file dan folder yang ada di direktori root situs web, serta semua database yang digunakan oleh WordPress.

Untuk membuat backup, Anda dapat menggunakan plugin backup WordPress, seperti UpdraftPlus atau BackWPup. Plugin ini memungkinkan Anda membuat backup lengkap secara otomatis dan menyimpannya di penyimpanan awan atau perangkat keras eksternal.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh semua file dan folder situs web secara manual melalui FTP. Dalam hal ini, pastikan untuk mengunduh seluruh direktori root dan semua subdirektorinya, serta file konfigurasi WordPress seperti wp-config.php.

Setelah Anda memiliki backup lengkap, simpan di tempat yang aman seperti penyimpanan awan atau perangkat keras eksternal yang dapat diakses jika diperlukan di masa depan.

Memastikan Tidak Ada Plugin atau Tema yang Terhubung dengan WordPress

Sebelum menghapus WordPress di Cpanel, pastikan untuk memastikan tidak ada plugin atau tema yang masih terhubung dengan situs web Anda. Ini penting karena plugin atau tema yang tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah setelah penghapusan.

Untuk memastikan tidak ada plugin yang terhubung, masuk ke dashboard WordPress Anda dan buka halaman “Plugin”. Matikan dan hapus semua plugin yang terhubung dengan situs web.

Selanjutnya, periksa direktori wp-content/themes di direktori root situs web Anda. Pastikan tidak ada tema yang masih tersisa. Jika ada, hapus tema tersebut secara manual.

Selama proses ini, pastikan untuk menggunakan tema default WordPress jika Anda belum memiliki tema lain yang terpasang. Ini akan memastikan bahwa situs web masih dapat diakses dan tampil dengan baik setelah penghapusan.

Menghapus Database yang Terkait dengan WordPress di Cpanel

Selain menghapus file dan direktori WordPress, Anda juga perlu menghapus database yang terkait dengan situs web. Database ini berisi semua informasi konten situs web, pengaturan, dan data lainnya yang diperlukan oleh WordPress.

Untuk menghapus database, masuk ke Cpanel dan cari aplikasi “phpMyAdmin”. Buka aplikasi tersebut dan temukan database yang digunakan oleh situs web WordPress yang ingin Anda hapus.

Setelah Anda menemukan database yang tepat, klik pada tab “Operations”. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Drop the database”. Klik pada opsi tersebut untuk menghapus database.

Setelah konfirmasi penghapusan, proses penghapusan database akan dimulai. Tunggu hingga proses selesai dan pastikan bahwa database telah dihapus sepenuhnya.

Verifikasi dan Konfirmasi Penghapusan WordPress di Cpanel

Setelah Anda selesai melakukan langkah-langkah penghapusan WordPress di Cpanel, penting untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi bahwa WordPress telah dihapus dengan benar.

Untuk melakukan verifikasi, buka browser web dan ketikkan URL situs web Anda. Jika Anda melihat pesan error atau halaman kosong, ini menandakan bahwa WordPress telah dihapus dengan sukses.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan verifikasi dengan masuk ke Cpanel dan mencari file dan direktori yang terkait dengan situs web WordPress. Jika semuanya telah dihapus, ini menunjukkan bahwa proses penghapusan telah selesai dengan benar.

Terakhir, pastikan untuk melakukan backup terakhir setelah penghapusan selesai. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki salinan terbaru dari situs web Anda jika diperlukan di masa depan.

Kesimpulan

Menghapus WordPress di Cpanel adalah langkah penting yang perlu dilakukan dengan hati-hati. Dalam artikel ini, kami telah membahas persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghapus WordPress, langkah-langkah yang harus diikuti selama proses penghapusan, cara mengamankan data dan file sebelum penghapusan, memastikan tidak ada plugin atau tema yang terhubung dengan WordPress, menghapus database yang terkait dengan WordPress, dan verifikasi dan konfirmasi penghapusan WordPress.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan baik dan melakukan persiapan yang diperlukan, Anda dapat menghapus WordPress dengan aman dan tanpa meninggalkan sisa-sisa yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Pastikan untuk melakukan backup secara berkala dan memastikan bahwa semua langkah telah dilakukan dengan benar untuk menjaga keamanan dan integritas situs web Anda.

Tinggalkan komentar